News

Tingkatkan Kepercayaan Diri: KENCANA Group Gelar Pelatihan Public Speaking

Pelatihan Communication and Public Speaking KENCANA Group

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi baja ringan, KENCANA Group menyadari pentingnya keterampilan komunikasi, khususnya dalam menyampaikan presentasi produk kepada customer maupun mitra.

Oleh karena itu, KENCANA mengadakan pelatihan public speaking pada Kamis, 21 Agustus 2025 di Hotel Ayola Sunrise Mojokerto, bagi sejumlah karyawan yang dinilai membutuhkan penguatan keterampilan ini.

Menghadirkan Reni Murdiati dari Dale Carnegie Training sebagai pemateri, pelatihan ini tak hanya dijarkan secara teoritis. Masing-masing peserta juga langsung praktik presentasi bersama kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.

Holding Manajemen KENCANA Group, Sujatno T., menyebutkan bahwa pelatihan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan karyawan dalam menghadapi berbagai situasi yang menuntut kemampuan presentasi.

Sujatno T. membuka acara pelatihan public speaking

“Karena kita tahu, dalam pemasaran produk sering kali harus melakukan presentasi pada customer, asosiasi, atau pihak lain yang membutuhkan pengetahuan soal produk. Sehingga sangat dibutuhkan keahlian atau skill dari komunikasi dan khususnya public speaking,” jelasnya.

Sujatno berharap, pelatihan ini tidak hanya memberi wawasan teori, tetapi juga keterampilan praktis yang bisa langsung diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari.

“Diharapkan setelah mendapatkan ini (pelatihan/training), temen-temen jadi tahu bagaimana cara melakukan presentasi yang benar, bahasa tubuh pun mesti diatur bagaimana, dan juga dalam mengatur kalimat menyampaikan pesannya itu bagaimana. Diharapkan hari ini yang telah diberikan Ibu Reni (pemateri training public speaking) itu bisa masuk dalam pengetahuan mereka untuk diaplikasikan dalam pekerjaannya,” tambah Sujatno.

Baca juga: Keterampilan Komunikasi Efektif Jadi Fokus Pengembangan Karyawan KENCANA Group di Tahun 2025

Pada dasarnya, pelatihan ini merupakan langkah awal KENCANA dalam mengembangkan kemampuan komunikasi karyawannya. Terkait keberlanjutan program, Sujatno menyampaikan bahwa akan ada evaluasi terlebih dahulu.

“Ini kan baru pertama kali diadakan dengan jumlah terbatas. Kita lihat evaluasinya nanti. Kalau memang dibutuhkan atau kita akan mengadakan yang seperti ini (training). Hanya memang perlu dilihat, evaluasinya dulu,” tutupnya.

Melalui inisiatif ini, KENCANA Group berharap karyawan tidak hanya unggul secara teknis, tetapi juga memiliki keterampilan komunikasi yang mumpuni untuk menghadapi customer, mitra bisnis, maupun publik dengan percaya diri.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *